PENYESUAIAN DIRI DALAM ORGANISASI

  • PJP Ginting Fakultas Ekonomi Universitas Mpu Tantular

Abstract

Penyesuaian diri sebagai satu faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam sebuah organisasi.Manusia dapat mempunyai attitude terhadap bermacam-macam hal: benda-benda, orang-orang, kejadian-kejadian, lembaga-lembaga, norma-norma, kegiatan-kegiatan, nilai-nilai dan lain lain.Menyesuaiakan diri diartikan dalam pengertian luas sebagai kemampuan mengubah diri sesuai dengan keadaan lingkungan, atau kemampuan mengubah lingkungan sesuai keinginan.Pegawai yang memiliki penyesuaian diri positif memiliki ketajaman dalam melihat realita secara wajar untuk memenuhi kebutuhannya menyesuaikan tindakannya, dan membangkitkan potensi dirinya. Efeknya pegawai mampu membuat perimbangan sosial antar organisasi dan hasil yang diperolehnya.

Published
2019-11-02