PENGARUH DAYA TARIK, KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN KESELAMATAN DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENTING TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN

  • Budiman Marpaung Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ekonomi Kesatuan Bogor

Abstract

Tujuan Penelitian adalah a) Menguji pengaruh langsung dari daya tarik wisata, kualitas pelayanan, fasilitas wisata dan keselamatan wisatawan terhadap kepuasan wisatawan. b) Menguji pengaruh langsung dari daya tarik wisata, kualitas pelayanan, fasilitas wisata, keselamatan wisatawan dan kepuasan wisatawan (sebagai variabel interventing) terhadap minat kunjungan ulang. c) Menguji pengaruh tidak langsung kepuasan wisatawan sebagai variabel interventing dari daya tarik wisata, kualitas pelayanan, fasilitas wisata, keselamatan wisatawan terhadap minat kunjungan ulang wisatawan..Penelitian dilakukan di Cibodas Kabupaten Cianjur TNGGP. Pangrango. Sampel responden berjumlah 100 orang. Penentuan sample ditentukan dengan metode non probabilitas sampling dengan teknik purposive accidental sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dan pengembangannya (Path Analisys).Hasil penelitian menunjukkan a) Daya tarik wisata, kualitas pelayanan, dan fasilitas wisata berpengaruh langsung dan signifikan baik terhadap kepuasan wisatawan maupun terhadap minat kunjungan ulang; b) Keselamatan wisatawan tidak signifikan pengaruh langsungnya baik terhadap kepuasan wisatawan maupun terhadap minat kunjungan ulang; c).Variabel interventing kepuasan wisata berpengaruh secara tidak langsung dalam mendorong daya tarik wisata, kualitas pelayanan dan fasilitas wisata terhadap minat kunjungan ulang; d). Daya tarik wisata memberikan pengaruh tidak langsung dominan melalui variabel interventing kepuasan wisatawan terhadap minat kunjungan ulang.

Published
2019-11-01