TEMPLATE/GAYA SELINGKUNG PENULISAN JURNAL  MPU PROCURATIO


1.     Artikel/tulisan maksimal 5000 kata atau maksimal 12 lembar kertas A4
2.     JUDUL PENELITIAN (14pt Time New Roman, hurup besar, Bold, rata tengah, maksimum 16    kata) untuk bahasa indonesia dan 12 kata untuk bahasa          inggeris

3.     Penulis Pertama (tanpa gelar atau titel lainnya, 11pt, Time New Roman, rata tengah), Nama Program Studi,Fakultas dan perguruan tinggi Penulis kedua (dan seterusnya, jika ada), Nama Fakultas dan perguruan tinggi (jika tidak sama dengan penulis pertama)
4.     Alamat email (11pt, Times New Roman, ditulis rata tengah [alamat e-mail penulis: alamat e-mail adalah alamat dari penulis korespondensi] )
5.     Abstract (10pt, Calibri):
        Abstrak ditulis maksimal 200 kata bahasa indonesia dan 200 kata dalam bahasa inggeris ditulis satu paragraf satu spasi menguraikan secara singkat           tentang: tujuan riset,tahapan riset,masalah, metode riset, dan diskusi hasil/temuan. Abstrak dibuatkan dalam bahasa Inggris dan Indonesia (10pt, Calibri)

6.     Keywords: keyword 1, keyword 2, keyword 3 (Maksimum lima kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. 10pt, Calibri)
7.     Pendahuluan,Tinjauan Teori (Literature Review) Metode Penelitian,Hasil dan Pembahasan/Diskusi serta Kesimpulan dan Saran (11pt, time New      Roman, Bold) Awal paragraph menjorok kedalam enam ketuk, ditulis dalam satu spasi, huruf Times New Roman 11pt, tidak menggunakan catatan kaki, Margin atas 0 cm, margin bawah 1 cm, kiri, margin kanan 2 cm dan margin kiri 2 cm, kertas ukuran A4, dan tidak diberi nomor halaman. Kalimat dibuat dalam kalimat pasif, tidak boleh menyebutkan nama penulis atau kata penggantinya, seperti “kami, saya”. Angka-angka dari satu sepuluh sebagai satuan kuantitas,
harus harus dinarasikan, kecuali untuk nomor Tabel dan Gambar, contoh enam hari (bukan: 6 hari). Pendahuluan berisikan state of the art yang menjelaskan adanya masalah riset yang perlu mendapatkan jawaban melalui aktifitas riset.Pada pendahuluan menjelaskan teori yang melingkupi riset, fenomena yang terjadi, dan gap antara teori dengan fakta.Pada bagian ini menguraikan juga teori yang menjelaskan hubungan antara variable dari riset, hasil-hasil penelitian yang relevan, dan hipotesis.Terakhir ditutup dengan pernyataan masalah/tujuan penelitian dan kebaharuan dari riset. Beberapa ketentuan lain yang perlu diperhatikan oleh penulis:
a.     Topik dan subtopik tidak diberi nomor dan dicetak tebal. Topik dengan ukuran huruf 14pt, dan subtopik dengan ukuran 11pt
b.     Tabel: diberi nomor dan judul diatas tabel, ditulis posisi rata tengah dengan penomoran sesuai dengan nomor urut keberadaan tabel tersebut. Tiap tabel harus diberi sumbernya dipojok kiri bawah tabel, kecuali sumber berasal dari peneliti dan olahan software statistik tidak perlu disebutkan sumbernya. Rujukan untuk tiap tabel harus dibuat dalam naskah.

Contoh Tabel :
                                                                                                                               Tabel ##.Judul Tabel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: ……..

Catatan: Di bawah setiap tabel harus terdapat penjelasan singkat mengenai isi dari tabel tersebut.

c.     Gambar : diberi nomor dan judul dibawah gambar yang dituliskan dengan posisi rata tengah dengan penomoran sesuai dengan nomor urut gambar tersebut. Tiap gambar harus diberi sumbernya dipojok kiri bawah gambar, kecuali sumber berasal dari peneliti dan olahan software statistic tidak perlu disebutkan sumbernya. Rujukan untuk tiap gambar harus dibuat dalam

Contoh Gambar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber….
                                                                                                           Gambar ##JudulGambar


Catatan: Di bawah setiap gambar harus terdapat penjelasan singkat dari gambar tersebut.

  1. Kutipan/Citation :
    1. Kutipan/Citation yang berasaldariJurnalatauBukuharusmaksimaltujuhtahunterakhirsejakditerbitkan
    2. Kutipan/Citation harus 80% dariJurnal Online dan 20% dariBuku
    3. Kutipan harus Primer (hindari sumber tidak primer, seperti: [Donovan dan Gibson (2000) dalamSembiring (2005)].Teknik pengutipan referensi jika artikel dalam bahasa inggeris tidak boleh dilakukan Direct Citation/Pengutipan Langsung,harus dirubah dengan Teknik Para frase tanpa menghilangkan makna sesungguhnya
    4. Gaya penulisan sumber referensi dalam naskah mengikuti American Psichology Association Style Sixth Beberapa contoh ketentuan dalam penulisan sumber rujukan dalam naskah:
  • Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Weston, 2002)
  • Satusumberkutipandenganduapenulis: (Weston dan Copeland, 2006)
  • Satusumberkutipandenganlebihdariduapenulis: (Weston et al., 2011)
  • Duasumberkutipandenganpenulisberbeda: (Weston, 2002; Rao, 2006)
  • Dua sumber kutipan dengan penulis sama: (Weston, 1996; 2002) Jika tahun publikasinya sama: (Weston, 2002a; 2002b)
  • Sumber kutipan yang berasal dari suatu institusi ditulis dengan menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan, misalnya: (BPS, 2014).
  1. Penutup

Penutup memuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah jawaban dari masalah riset. Dalam simpulan tidak ada lagi analisis, uraian panjang, dan angka-angka statistik. Dibuat dalam narasi yang singkat dan menjawab masalah penelitian.

  1. Daftar Rujukan/Pustaka/References

Daftar pustaka disusun berdasarkan urut abjad penulis, dengan membedakan/memisahkan antara sumber referensi jurnal dan buku.Teknik Kutipan/Citation dan References/Bibliography jika menggunakan Mandeley atau Zetero akan lebih diperhatikan. Adapun contoh penulisan referensi berdasarkan sumbernya adalah sebagai berikut: (Mohon untuk diperhatikan dengan seksama).

Contoh Penulisan Sumber Jurnal:

Becker, H.,   and   D.   Fritsche.   (1987)   “Business   ethics:   A   cross-cultural   comparison   of

nanagers’attitudes”. Journal of Business Ethics 6: 289-295.DOI: ###### (Jikamemiliki DOI)

Bowman, R. (1980a) “The importance of market-value measurement of debt in assesing leverage”. Journal of Accounting Research 18 Spring/Nomor 617-630.DOI: ###### (Jikamemiliki DOI)

          , (1980b) “The debt equivalence of leases: An empirical investigation”. The Accounting Review 55 (April): 237-253. DOI: ###### (Jikamemiliki DOI)

Cohen, C. (1991) Chief of Indians-woman in accountancy. Australian Accountant (Desember): 20- 30.DOI: ###### (Jikamemiliki DOI)

Harry,    J.,    dan    N.S.    Goldner.    (1972)    “The    null    relationship    between    teaching    and

research”.Sociology of Education 45 (1): 47-60. DOI: ###### (Jikamemiliki DOI)

Contoh Penulisan Sumber Buku:

American Accounting Association, Committee on Concepts and Standards for External Financial Reports. (1977) Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance. Sarasota, FL:AAA.

Fahmi, Irham. (2011) Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hartono,    Jogiyanto.   (2007)   MetodologiPenelitianBisnis:     Salah   Kaprah    and   Pengalaman- Pengalaman. Yogyakarta: BPFE.

Irwin, Munn, G.G., F.L Garcia, dan C.J. Woelfel, eds. (1991) Encyclopedia of banking and finance.

Edisike Sembilan, Chicago, IL: St. James Press.

Jensen, M.C. dan C.W. Smith. (1985) Stockholder, manager, and creditor interests: Applications of agency theory. Dalam Recent Advances in Corporate Finance.Dieditoleh E. Altman, dan M. Subramanyam. Homewood, IL: Richard D.

Ohlson, J.A. (1991) Earnings, book values, and dividends in security evaluation.Working paper.Columbia University.

 Catatan:

  • Format pada tempelate ini mulai diberlakukan pada Volume.2 Nomor.1 Tahun 2020 yang akan terbit bulan April Tahun Pengiriman naskah melalui:
  • http://ojs.mputantular.ac.id dengan terlebih dahulu melakukan registrasi pada WEB untuk mendapatkan USER NAME dan PASSWORD

           rastonsitio65@gmail.com